Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Tips Tepat Mencegah Kulit Kering
beauty

Tips Tepat Mencegah Kulit Kering

10, Maret 2014 10:32:52


Kulit merupakan lapisan luar dari tubuh atau biasa disebut dengan indra peraba. Mempunyai kulit sehat, putih dan bersih adalah impian bagi seorang wanita. Untuk itu setiap wanita rela melakukan berbagai cara agar mendapatkan kulit seperti yang mereka impikan. Tetapi hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan, karena ada saja permasalahan kulit yang sering muncul, seperti kulit kering, kusam dan pecah-pecah. Kulit kering mengganggu penampilan Anda, dan saat diketahui oleh orang lain, tentu rasa percaya diri Anda akan turun drastis. Hal ini seringkali membuat Anda geram untuk memilikinya.

Penyebab kulit kering tidak hanya karena cuaca yang panas, namun ada faktor lain yang mempengaruhinya, antara lain:

1. Faktor Genetik

Jika kelenjar minyak yang ada pada kulit tidak dapat menjalankan fungsinya untuk melembabkan kulit, maka kulit akan mengalami dehidrasi dan akhirnya jadi kering. Selain itu, penyakit kulit tertentu juga dapat membuat kulit menjadi kering, misalnya penyakit  dermatitis atopik.

2. Kurang Nutrisi

Agar dapat tetap lembab, kulit memerlukan nutrisi yang penting misalnya vitamin E. Jika nutrisi ini kurang atau tidak ada, maka sebagai hasilnya kulit akan kehilangan kelembabannya alias menjadi kering. Untuk mengatasinya, jangan lupa konsumsi buah-buahan dan sayuran setiap harinya.

3. Sabun

Sabun berfungsi mengangkat kotoran yang ada di kulit. Sayangnya, jika kandungan di dalamnya terlalu keras atau kasar, bukan hanya membersihkan kulit, namun juga membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, pilihlah sabun yang tidak mengandung bahan kimia yang keras serta hindari memakai sabun terlalu sering dan dalam kuantitas yang berlebihan.

Berikut ada beberapa tips mengatasi dan mencegah kulit kering:

  1. Mengonsumsi buah serta sayur yang banyak memiliki kandungan vit. c serta e. Langkah ini dapat membantu kulit kering yang terkelupas, dengan langkah menghindari rusak kulit selanjutnya serta merangsang perkembangan sel kulit baru. Manfaat vit. c dapat anda dapatkan didalam buah seperti jeruk, jambu, buah beri, beraga, serta type sayuran hijau yang lain. namun untuk vit. e dapat anda peroleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, serta susu.
  2. Memperbanyak konsumsi air putih. Air putih bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan kusam. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih menimal 2,5 liter atau 8 gelas perhari, agar terhindar dari kulit kering. Karena jika Anda kurang mengkonsumsi air putih, maka kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah atau terjadi iritasi kulit.
  3. Berolahragalah secara teratur untuk mengeluarkan keringat dan merontokkan sel-sel kulit mati yang tertempel pada kulit. Karena dengan berolahraga kelenjar minyak dan keringat akan mendorong keluar sel kulit mati. Kegiatan fisik dapat meringankan anda untuk mengeluarkan keringat.  Karena, olahraga dapat menambah kegiatan kelenjar keringat serta kelenjar minyak yang bisa melindungi kelembaban kulit.

Cobalah lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari supaya Anda terhindar dari kulit kering yang merusak penampilan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250