Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Pemutihan Gigi dengan Sinar UV, Aman Kah?
beauty

Pemutihan Gigi dengan Sinar UV, Aman Kah?

21, April 2016 15:10:23


Senyum merupakan senjata pamungkas untuk tampil menawan. Sayang, karena gemar mengonsumsi kopi, rokok dan karena hal lainnya, terkadang gigi kita akan kehilangan cahayanya, dan berubah suram, atau lebih parahnya lagi, terlihat kuning. Nah, lho! Nggak mau kan kejadian ini menimpamu?

Demi mengatasi masalah gigi kuning, banyak cara yang bisa kamu tempuh, salah satunya adalah, dengan melakukan bleaching gigi menggunakan sinar Ultraviolet. Cara ini terbilang ampuh, bahkan diklaim dapat memutihkan gigi dalam waktu yang sangat singkat.

Apakah metode bleaching gigi menggunakan sinar UV ini aman?

Seperti yang dilansir dalam Science Daily, yang dikutip dari jurnal Royal Society of Chemistry, menyatakan jika sinar Ultraviolet yang digunakan dalam proses bleaching gigi cenderung sangat berbahaya, terutama untuk kesehatan kulit dan mata.

Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Photocemichal & Photobiological Sciences, menyatakan jika bleaching gigi dengan sinar UV merupakan sebuah kecerobohan yang sangat besar.

Menurutnya, metode ini memang efektif untuk memutihkan gigi, tapi di sisi lain, punya dampak yang cukup mengerikan, yakni paparan radiasinya bisa membahayakan mata dan kulit. Bahkan tingkat bahayanya 4 kali lebih besar ketimbang paparan radiasi sinar matahari secara langsung.

Ellen Bruzel, seorang pakar kesehatan gigi dari Nordic Insititue of Dental Materials, lebih menyarankan kamu untuk melakukan bleaching gigi dengan menggunakan bahan pemutih, yakni hydrogen peroksida atau bahan lainnya yang cenderung lebih aman.

Hal ini dilakukan agar proses oksidasi bisa lebih aktif, sekaligus efektif untuk melunturkan noda di gigi. Di sisi lain, penyinaran dengan menggunakan sinar UV justru akan membuat enamel gigi lebih terbuka, hingga akhirnya sangat rentan mengalami kerusakan permanen.

Lebih parahnya lagi, bleaching gigi dengan menggunakan sinar UV akan membuat gigi kamu jadi sensitif. Kamu sendiri pasti tahu kan akibatnya? Ya, gigi akan terasa ngilu ketika mengunyah makanan, terutama makanan yang panas atau terlalu dingin.

Tidak hanya itu, paparan langsung sinar UV sudah diketahui sangat berbahaya bagi kulit dan mata. Pasalnya, sinar UV bisa merusak retina, lensa mata dan kornea, saraf pusat penglihatan dan kulit. So, kalau kamu ingin gigi yang putih, lebih baik cari cara lain yang lebih aman, Ok!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250