Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Mencegah Datangnya Stretch Marks
beauty

Mencegah Datangnya Stretch Marks

11, Maret 2014 10:34:39


Stretch marks sebenarnya adalah bekas luka pada kulit yang menghasilkan kulit yang agak kasar dengan sedikit semburat kasar dan warnanya agak sedikit lebih tua dari kulit Anda sendiri. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perobekkan dermis atau lapisan kulit dan seiring dengan waktu bekas luka tersebut bisa tersamarkan tapi tidak dapat menghilang seluruhnya. Pada ibu hamil, penyebab dari timbulnya stretch marks itu sendiri sebenarnya karena terjadinya peregangan pada kulit yang terjadi pada waktu yang sangat pendek. Bisa disebabkan oleh pertumbuhan atau penambahan berat, dalam hal ini karena pertumbuhan bayi dalam rahim sehingga rahim pun meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi. Biasanya stretch marks baru muncul pada bulan ke 6 atau 7 kehamilan (atau trimester ketiga) dimana kulit anda sedang mengalami pelebaran seperti karet ketika di tarik.

Stretch marks memang tidak dapat di atasi, namun dapat dicegah. Stretch mark adalah hilangnya atau menipisnya permukaan kulit sehingga terjadi cekungan-cekungan di permukaan kulit. Stretch mark terjadi ketika kulit mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu cepat, seperti saat hamil, perubahan dari kurus ke gemuk atau sebaliknya, Stretch mark bisa juga terjadi karena penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stretch marks saat masih berwarna kemerahan atau masih pada tahap awal:

  1. Saat hamil, gunakan minyak zaitun atau olive oil. Warnanya yang bening dan berkilau kaya vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Oleskan pada perut dan bagian kulit tubuh yang rentan mengalami peregangan.
  2. Jika sudah terjadi stretch mark, meskipun tidak dapat dihilangkan secara sempurna, bisa disamarkan dengan perawatan microdermabrasi, peeling, atau penggunaan lotion pelembut mengandung AHA.
  3. Pola makan berimbang dan olahraga. Perbanyak makan sayuran untuk menjaga kelembapan kulit dan memperkuat elastisitas kulit. Kelembapan, kelenturan, dan kesehatan kulit ikut menentukan terjadinya stretch mark. Olahraga juga dapat mempertahankan elastisitas kulit.
  4. Bersihkan area seputar stretch mark dengan body scrub sebelum mandi. Pemakaian 2 kali seminggu akan melembutkan kulit dan menyamarkan guratan.
  5. Pencegahan bisa dilakukan dengan memberi pelembap yang akan memberikan rasa hangat. Aplikasikan dengan gerakan pijatan. Hal ini untuk membuat peredaran darah terangsang sehingga memberi nutrisi pada kulit.
  6. Samarkan stretch mark menggunakan produk tanning (penggelap kulit). Oleskan tipis sesuai guratan dan biarkan mengering, lalu baurkan merata. Sifatnya hanya sementara, dan bukan untuk menghilangkannya.

Stretch marks memang sangat mengganggu penampilan. Namun, jika sudah dicegah sebelumnya, pasti kepercayaan diri tidak akan menurun drastis. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mencegah timbulnya stretch marks yang fatal. Dan lakukan hal ini sedini mungkin agar dapat terhindar dari stretch marks. Semoga artikel ini bermanfaat.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250