Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Lindungi Kulit Anda Dengan Manfaat Pepaya
beauty

Lindungi Kulit Anda Dengan Manfaat Pepaya

21, Februari 2014 14:45:18


Pohon pepaya merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara yang kini menjadi Amerika Serikat. Pohon pepaya banyak dikonsumsi mulai dari daun, buah, hingga bunganya. Namun Ladies, banyak orang gemar memakan buahnya karena praktis untuk dimakan dan dimasak. Daun pepaya, bunga pepaya, serta buah pepaya muda biasanya dijadikan sebagai sayuran. Akan tetapi daun pepaya juga sering digunakan sebagai pelunak daging. Sedangkan buah pepaya yang sudah matang biasanya langsung dikonsumsi atau bisa juga diolah menjadi manisan buah. Pohon pepaya kini banyak ditanam di banyak daerah di dunia dan banyak ditanam di daerah tropis. Ladies, buah pepaya juga merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

 

Kandungan vitamin penting yang tinggi serta papain yang merupakan enzim proteolitik yang ditemukan dalam pepaya mentah mempunyai peranan penting dalam tubuh. Ladies, papain banyak diproduksi secara massal dan telah menjadi komoditas dagang. Bahan baku yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan papain adalah pepaya yang masih muda. Dan bahan lain yang digunakan adalah air dan sulfit. Dalam hal ini air memiliki fungsi sebagai pengencer getah pepaya dan sulfit mempunyai fungsi sebagai pelarut bahan kimia.

 

Pepaya memiliki bermacam jenis, antara lain:

1. Pepaya Solo F1

Ladies, pepaya jenis ini merupakan pepaya kultivar hibrida unggul yang berasal dari Hawaii. Kebanyakan konsumen luar negeri menyukai pepaya jenis ini.

2. Pepaya Bangkok

Pepaya jenis ini jelas berasal dari Negara Thailand. Kulit buahnya sulit untuk dikupas karena memiliki permukaan yang tidak rata dan relatif tipis. Namun, adapula kelebihan pepaya jenis ini, yaitu memiliki daging buah yang berair dan rasanya sangat manis sehingga tenggorokan akan terasa sangat segar ketika menyantapnya saat musim kemarau tiba. Selain itu, ukuran buahnya juga besar.

 

Dan masih banyak jenis pepaya lainnya. Ladies, manfaat pepaya bagi tubuh, antara lain: mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, mencegah sembelit, dan mencegah Degenerasi Makula. Salah satu manfaat yang paling penting bagi kaum hawa adalah merawat kesehatan kulit. Pepaya merupakan sumber vitamin A, C, E, dan K bagi kulit serta penghasil nutrisi antioksidan yang baik.

 

Berikut adalah manfaat pepaya bagi kulit:

  1. Kandungan anti bakteri dalam pepaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, seperti luka bakar dan ulkus kulit.
  2. Menyembuhkan jerawat. Daging pepaya yang mentah atau mantah dapat menyembuhkan jerawat dengan cara meletakkan irisan buah pepaya pada daerah kulit yang berjerawat. Sehingga jerawat akan berkurang dari hari ke hari dan kulit akan menjadi sehat.
  3. Antioksidan dalam buah pepaya mampu melindungi kulit dari kerusakan karena pengaruh sinar matahari yang berlebihan, terutama pada vitamin C. Selain itu, pepaya yang dibuat jus juga mampu mengurangi bintik berwarna coklat pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

 

Ladies, karena pepaya memiliki banyak manfaat, makanya jangan lupa mengkonsumsinya secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250